Jakarta, CNBC Indonesia – Juru Cakap Menteri Pertahanan Indonesia Letnan Jenderal TNI (Purn) Prabowo Subianto Djojohadikusumo, Dahnil Anzar Simanjuntak, membantah kabar yang menyebut Prabowo menggunakan bantuan pelobi demi memuluskan kunjungan ke Amerika Serikat (AS).

Bantahan itu disampaikan Dahnil merespons kicauan Direktur South East Asia Programme Lowy Institute Benjamin Bland yang mengungkapkan kalau Ketua Umum Partai Gerakan Indonesia Raya itu menggunakan jasa pelobi untuk menyongsong Menteri Pertahanan AS Mark Esper.


“Hubungan Pak Prabowo secara berbagai negara baik sekali termasuk dengan AS. Komunikasi dengan para menhan di seluruh dunia betul intens, termasuk dengan Menhan GANDAR Mark Esper. Jadi beliau tidak membutuhkan pihak ketiga untuk mendirikan diplomasi dengan AS, ” perkataan Dahnil via pesan singkat pada CNBC Indonesia , Minggu (11/10/2020).

Di siaran pers Kamis (8/10/2020), dia menjelaskan kunjungan Prabowo ke Kampung Paman Sam bertujuan untuk meneruskan pembicaraan detail terkait kerja persis bilateral bidang pertahanan.

“Sesuai prinsip politik bebas rajin dan tidak terlibat aliansi militer dengan negara mana pun, namun menjaga kedekatan yang sama dengan semua negara, Menteri Pertahanan RI, Prabowo Subianto, selama ini aktif melakukan diplomasi pertahanan ke berbagai negara termasuk Amerika Serikat, ” kata Dahnil.

“Oleh sebab itu, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto akan memenuhi undangan sah Pemerintah Amerika Serikat melalui Gajah Pertahanan Amerika Serikat, Mark Esper tersebut, ” lanjutnya.

Prabowo diketahui mau melakukan kunjungan kerja ke GANDAR pada 15 Oktober hingga 19 Oktober 2020. Kunjungan Prabowo bertujuan untuk memenuhi undangan Esper.

Namun, beberapa hari menyambut kunjungan Prabowo ke Negeri Paman Sam, Ben mengungkapkan kalau Prabowo menggunakan jasa pelobi. Hal itu diungkapkan Ben via akun Twitter-nya  @benjaminbland seperti dikutip CNBC Nusantara, Minggu (11/10/2020).

Patuh Ben, pelobi bernama James N Frinzi itu, direkrut sejak Desember 2019 lalu. Hal itu diketahui dari dokumen resmi Departemen Yustisi AS.

Frinzi ialah satu diantara pelobi di Frinzi & Associates. Seperti dikutip dari laman resmi Frinzi & Associates, Frinzi memiliki riwayat kerja yang moncer di tengah industri lobi GANDAR yang memang dilegalkan.


Ia pernah bekerja bersama perut senator AS, yaitu Lisa Murkowski dan James Lankford. Secara rutin, Frinzi bekerja dengan Gubernur Texas Greg Abbott dan eks Gubernur Oklahoma Mary Fallin.

Mitra Frinzi lainnya adalah bekas Gubernur Wisconsin Scott Walker. Dia mengerjakan kampanye ketiga gubernur dalam atas dan dianggap sebagai advokat terpercaya. Fakta lain yang tidak kalah menarik adalah Frinzi serupa bekerja dengan Wakil Presiden GANDAR saat ini Mike Pence beserta penasihat kebijakannya.

[Gambas:Video CNBC]
(miq/sef)