Jakarta, CNBC Indonesia awut-awutan Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah mengatakan, pencairan subsidi perolehan tahap III akan dilakukan di Jumat (11/9/2020). Artinya, 3, 5 juta pekerja yang datanya menyelap dalam tahap III akan memperoleh tambahan gaji Rp 1, dua juta pekan ini.

Pencairan ini sesuai dengan agenda setelah data diterima Kemenaker di dalam Selasa (8/9/2020). Di mana setelah diterima, data akan di verifikasi selama 4 hari dan sesudah itu langsung di transfer.

“Jadi kalau dihitung 4 hari kemarin berarti Jumat sungguh, maksimal Jumat kami harus melayani checklist, ” ujar Ida, Kamis (10/9/2020).

Ida membaca, setelah dilakukan check list, petunjuk tersebut akan diserahkan ke Pejabat Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN). Kemudian, KPPN menyalurkan uang subsidi tahap III tersebut kepada Bank Distributor, yakni Bank yang masuk menjadi anggota HIMBARA.

Kemudian, Bank-bank HIMBARA akan menyalurkan kekayaan subsidi gaji/upah ke rekening penerima secara langsung, baik itu rekening bank sesama bank HIMBARA, maupun rekening bank swasta lainnya.

“Setelah itu biasanya tepat kami serahkan ke KPPN sebab KPPN langsung ditransfer ke bank himbara dari bank himbara tepat kepada rekening penerima, ” jelasnya.

Diketahui, hingga 8 September 2020 sudah ada sebanyak 9 juta pekerja yang mengakar dalam daftar penerima subsidi honorarium dari pemerintah. Pada tahap I pemerintah memberikan kepada 2, 5 juta pekerja dan pada periode II kepada 3 juta pelaku. Selanjutnya, tahap III diberikan kepada 3, 5 juta pekerja dengan diserahkan pada 8 September 2020.

Hingga 7 September 2020, Penyaluran subsidi gaji periode I sudah terealisasi kepada sebanyak 2, 3 juta pekerja atau 92, 45% dari total penyambut. Sedangkan tahap II sudah terealisasi kepada sebanyak 1, 38 juta pekerja atau 46, 2% daripada total penerima.




[Gambas:Video CNBC]
(dru)