Jakarta, CNBC Indonesia – Kerusuhan di Amerika Serikat (AS) khususnya  Wisconsin kian menjadi. Bahkan ini membuat pemerintah negara bagian itu mengumumkan masa darurat.

Protes terjadi hampir di seluruh wilayah negara bagian. Ini akibat penembakan seorang warga kulit hitam bernama Jacob Blake oleh polisi di Kenosha, akhir pekan kemarin.

Perintah eksekutif itu, dikutip CBS dikeluarkan Selasa (25/8/2020) waktu setempat atau Rabu (26/8/2020) pagi WIB. Jumlah pasukan tunas militer Garda Nasional bahkan ditingkatkan untuk menjaga situasi.

“Kami tidak bisa melupakan bukti mengapa protes ini dimulai & apa yang telah kami saksikan selama dua malam terakhir. Mengalami sakit, penderitaan, dan kelelahan menjadi orang kulit hitam di negeri bagian dan negara kami, ” ” kata Gubernur Wisconsin Tony Evers.

“Kita tidak bisa membiarkan siklus rasisme & ketidakadilan sistemik berlanjut. Kita pula tidak bisa terus menempuh kolom kerusakan dan kehancuran ini. ”


Foto: jacob blake. (Dok: jacob. blake. jb)
jacob blake. (Dok: jacob. blake. jb)

Tengah itu, Reuters mengatakan jumlah gerombolan Garda Nasional dinaikkan dari 100 menjadi 250 orang.

Jam malam juga ditetapkan pada Kenosha mulai pukul 20. 00. Meski begitu, pengunjuk rasa lestari berkumpul.

Demonstrasi makin berubah menjadi kekerasan pada suangi hari. Beberapa pendemo menyalakan kembang api dan membakar gedung.

Gas air mata ditembakkan kembali oleh polisi. Peluru longgar dan bom asap juga dipakai untuk membubarkan kerumunan.

Seorang saksi mata, George Bennett mengatakan kawasan bisnis di Kenosha, Black, sebagian besar hancur dilalap api. Ia menyinyalir pendatang yang melakukannya.

“Orang-orang pegari dari luar kota dan melakukan ini… Mereka membakarnya, ” ujarnya dikutip dari Reuters.

Bukan cuma Wisconsin, kerusuhan juga menyebar di sejumlah area asing di AS seperti Portland dalam Oregon, Seattle dan Minneapolis. Di New York demonstran memenuhi Jembatan Brooklyn.

Sebelumnya, Jacob Blake ditembak oknum polisi. Daripada sebuah video yang beredar, 3 polisi berteriak dan mengarahkan senjata ke dirinya, saat berjalan pada depan kendaraan yang diparkir.

Ketika dia membuka pintu dan mencondongkan tubuh ke di, seorang petugas menarik kemeja Blake dan kemudian menembak ke pada mobil. Setidaknya tujuh tembakan dapat didengar di video.

Pria itu segera dilarikan ke rumah sakit. Video yang merebak membuat kerusuhan pecah di tengah kota Kenosha.

[Gambas:Video CNBC]
(sef/sef)