Info seputar HK Prize 2020 – 2021.

Jakarta, CNBC  Indonesia – Pertamina RU II Sungai Pakning balik mempertahankan prestasi tertinggi pada ajang penghargaan Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup (PROPER) 2020. Dalam ajang itu, Pertamina RU II Sungai Pakning dianugerahi predikat PROPER Emas buat ketiga kalinya secara beruntun sejak 2018.

Bertempat di Gedung Manggala Wanabakti Jakarta pada Senin (14/12), penghargaan PROPER Emas tersebut diterima oleh General Manager Pertamina RU II, Didik Bahagia, dan diserahkan langsung oleh Pengantara Presiden Republik Indonesia, K. H. Ma’ruf Amin, didampingi Menteri Dunia Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya.

Dengan diberikannya penghargaan ini menjadikan Pertamina RU II sebagai satu-satunya perusahaan di Daerah Riau yang mendapat predikat PROPER Emas. “Dengan mengusung tema Sinergi Atasi Pandemi, Pertamina RU II Sungai Pakning berhasil membawa kalender pemberdayaan masyarakat yang mampu merespon dampak pandemi Covid-19 dalam dunia kesehatan, sosial, ekonomi, pendidikan serta lingkungan, ” ujar Didik.


PROPER sendiri merupakan penghargaan kinerja pengelolaan lingkungan suatu perusahaan yang diterapkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup (KLHK) Republik Indonesia secara tujuan meningkatkan peran perusahaan dalam melakukan pengelolaan lingkungan sekaligus menerbitkan efek stimulan dalam pemenuhan susunan lingkungan dan nilai tambah kepada pemeliharaan sumber daya alam, konservasi energi, dan pengembangan masyarakat.

Indikator penilaiannya meliputi Pola Manajemen Lingkungan, Reduksi Emisi dan Gas Rumah Laca, Pengurangan & Pemanfaatan Limbah B3, Pengelolaan Limba Non B3, Efisiensi Energi, Pelestarian Air, Pelestarian Keanekaragaman Hayati, dan Community Development. Di tahun 2020 ini, ditambahkan indikator Sensitivitas serta Respon Kebencanaan Terkait Sumbangsih Kongsi Terhadap Kebencanaan salah satunya sebagai respon pandemi Covid-19.

“Dengan program-program yang menyasar tepat kepada pemberdayaan masyarakat serta respon cepat dan tepat terhadap pandemi Covid-19, Pertamina RU II Dumai berhasil memenuhi ekspektasi juri PROPER tahun ini, ” sambung Asuh.

Asuh tidak lupa menyampaikan apresiasinya pada perwira Pertamina dan seluruh stakeholder yang turut terlibat dalam keberhasilan raihan predikat PROPER Emas tersebut. “Ini merupakan bukti kerja kita semua sehingga tahun ini balik meraih torehan tertinggi di medan PROPER, ” ujarnya.

Semoga keberadaan Pertamina RU II Sungai Pakning bisa terus dirasakan manfaatnya bagi masyarakat. “Mari tetap tingkatkan kolaborasi antar semua stakeholder agar tercipta program-program pemberdayaan asosiasi yang berkesinambungan dan inovatif, ” tutup Didik.

Selain Sungai Pakning, Pertamina RU II Dumai juga berpartisipasi diajang yang serupa dan dianugerahi predikat PROPER Menak yang berarti Pertamina telah memenuhi semua aspek yang dipersyaratkan oleh KLHK dalam pengelolaan lingkungan sesuai dengan ketentuan dan perundang-undangan yang berlaku.

[Gambas:Video CNBC]
(dob/dob)