Jackpot hari ini Result SGP 2020 – 2021.

Jakarta, CNBC Indonesia – Bahlil Lahadalia dihadapkan pada segudang tugas serta tanggung jawab dengan situasi barunya sebagai Menteri Investasi. Seharusnya investasi ke ajaran bisa lebih ‘nendang’ dipadankan sebelumnya.

Fadhil Hasan, Ekonom Senior INDEF menilai tugas pertama Bahlil adalah mengimplementasikan UU Membangun Kerja. Tugas berat itu tidak cukup hanya dijalankan oleh setingkat badan, kudu kementerian.

“Saya kira Kementerian Investasi itukan dipersiapkan karena adanya UNDANG-UNDANG Ciptaker dan disiapkan oleh presiden untuk Pak Bahlil. Karena dengan lembaga BKPM tidak dianggap kuat kewenangannya, cukup besar di pada mendorong investasi, ” ujarnya kepada CNBC Indonesia, Rabu (28/4/2021).


Hal yang senada diungkapkan oleh Ekonom Core Piter Abdullah. Di pelaksanaan UU Cipta Kegiatan, Bahlil harus bisa mengakhiri kerumitan koordinasi antar instansi yang menjadi persoalan seumur hidup di negara tersebut.

“Intinya gajah investasi harus bisa mengatasi hambatan investasi yg bersumber dari kurang koordinasinya departemen dan lembaga, ” sirih Piter.

Realisasi investasi pada kuartal I-2021 mencapai Rp 219, 7 triliun. Dibandingkan tahun lulus ada kenaikan sebesar 4, 3% (yoy) dan 2, 3% qtq. Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) menikmati penurunan 4, 2% (yoy). Sementara itu Penanaman Simpanan Asing (PMA) tumbuh lulus signifikan sebesar 14% (yoy).

Ekonom Universitas Indonesia (UI) Fithra Faisal menilai kinerja Bahlil jadi kepala BKPM sudah terkira bagus, meskipun ada gempuran covid-19.

“Perbaikan investasi sudah tercermin semenjak 2020. Kuartal I-2019 pra pandemi, itu realisasi investasi terendah, ” ungkap Fithra.

Namun momentum tersebut terhambat pandemi Covid-19. Fithra optimistis ada penambahan signifikan pada kuartal II-2021 yaitu sekitar 8%.

“Kita sudah mengikuti ada beberapa komitmen investasi dari Jepang dan paksa yang bisa kita manfaatkan. Ini juga jadi sinyal positif untuk investor. Hal-hal ini momentum bisa kita tangkap sepanjang 2020-2021, ” jelasnya.

[Gambas:Video CNBC]
(mij/mij)