Info seputar HK Prize 2020 – 2021.

Jakarta, CNBC Indonesia – Presiden Joko Widodo  (Jokowi) melakukan soft launching dan pengoperasian perdana Pelabuhan Patimban di Subang, Jawa Barat, pada Minggu ini (20/12/2020).

Dalam sambutannya, Presiden menyampaikan, Patimban adalah mulia proyek strategis nasional (PSN) dengan punya peran strategis dalam meningkatkan perekonomian di Jawa Barat dan nasional.

Selain itu, diharapkan, dengan beroperasinya Patimban akan memperkuat pelabuhan Tanjung Priok dengan saat ini sudah terlalu penuh.


“Dengan lokasinya yang strategis di antara Bandara Kertajati dan Kawasan Industri di Bekasi, Karawang, Purwakarta, saya yakin Pangkalan Patimban ini akan menjadi pokok penghubung antarkawasan, seperti industri manufaktur, pariwisata, dan sentra-sentra pertanian serta menopang percepatan ekspor, ” kata Presiden, di acara Soft Launching dan Pengoperasian Perdana Pelabuhan Global Patimban, Minggu (20/12/2020) secara maya di YouTube Sekretariat Presiden.

Kepala Negeri menyampaikan, pembangunan Pelabuhan Patimban di tahap pertama ini sudah siap melayani peti kemas dengan kapasitas 3, 5 juta TEUs  (twenty feet equivalent unit) dan diharapkan menjadi 7 juta TEUs di dalam tahap ketiga.

Adapun, kapasitas car terminal 218 ribu mobil CBU ( Completely Built Up)  dan nanti jadi 600 ribu kendaraan. Pemimpin mengharapkan, Patimban bisa meningkatkan ekspor produk otomotif Indonesia di kancah global.

Tidak cuma itu, presiden juga berpesan, keberadaan Patimban harus semakin terkonsolidasi dengan pengembangan industri dan perekonomian lokal, sehingga bisa mempercepat tumbuhnya sentra-sentra ekonomi baru.

“Dengan mengucap bismillah, Pelabuhan Patimban keadaan ini saya nyatakan siap & bisa digunakan, ” ujarnya.

Pada peluncuran hari ini, Pelabuhan Patimban melakukan ekspor pertama sebanyak 140 mobil ke Brunei Darussalam menggunakan Kapal MV. Suzuka Express yang dimiliki PT Toyofuji Shipping Co., Ltd.

[Gambas:Video CNBC]
(tas/tas)