Jackpot hari ini Result SGP 2020 – 2021.

Jakarta, CNBC Nusantara –  Harga batu panas seolah tak mau berhenti sebab relinya sejak pertengahan bulan Oktober. Sampai perdagangan kemarin (10/12/2020) kehormatan kontrak batu bara termal Newcastle masih mampu melesat tinggi.  

Kini harga persetujuan futures batu bara yang aktif ditransaksikan tersebut tembus ke lapisan US$ 79, 95/ton. Sangat depan dengan level psikologis US$ 80/ton. Harga si batu legam terbang 2, 5% dalam sehari kemarin. Kenaikan ini membuat harga batu bara tembus ke level tertinggi dalam satu setengah tahun terakhir.

Secara month to date (mtd) harga batu bara Newcastle telah naik 14, 3%. Bahkan jika ditarik ke belakang bertambah jauh lagi, harga batu panas sudah menunjukkan kinerja yang meyakinkan sepanjang tahun 2020. Secara year to date (ytd) batu bara sudah melesat 15, 8%.


Pekan lalu nilai batu bara termal China masuk rekor lagi. Harga batu bara Qinhuangdao semakin menjauhi batas berasaskan harga yang ditetapkan oleh negeri China di RMB  500 berantakan RMB  570 per ton.  

Final pada pekan lalu harga akik bara lokal China ini menyentuh level RMB  642/ton atau sebanding dengan US$ 98, 14/ton. Iklim pasokan yang ketat di China membuat banyak pihak berspekulasi kalau Negeri Tirai Bambu akan melonggarkan kebijakan kuota impornya.  

Hubungan Canberra-Beijing yang masih diwarnai ketegangan membuat China bertambah memilih pasokan batu bara dari Indonesia sebagai produsen alternatif Australia. Meskipun begitu beberapa kapal tanker yang membawa pasokan batu tidak keruan Australia dikabarkan mulai diperbolehkan merapat ke pelabuhan China.

Dari sisi permintaan, ada kemajuan impor dari salah satu rekan terbesarnya yaitu India. Ditambah dengan pemangkasan produksi batu bara oleh para pemasok membuat harganya tertekan ke atas.  

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menargetkan produksi batu bara pada 2021 sebesar 550 juta ton, sama sesuai target produksi pada 2020 itu.

Sentimen di pasar juga sedang baik akibat program vaksinasi Covid-19 yang telah dimulai di Inggris pekan ini. Reuters melaporkan Amerika Serikat (AS) akan segera menyusul Negeri Raja perempuan Elizabeth untuk memulai program vaksinasi daruratnya beberapa minggu ke pendahuluan.

FDA  disebut sudah mengendorse vaksin buatan Pfizer untuk bisa digunakan untuk vaksinasi. Tak hanya Paman Sam, tetangganya Kanada juga digadang-gadang akan menyusul metode serupa.

Menambah hati positif bagi harga batu bara adalah harga minyak yang pula mengalami peningkatan. Kemarin untuk pertama kalinya harga kontrak futures Brent tembus US$ 50/ton.  

Minyak dan batu bara merupakan sumber energi primer yang tergolong ke dalam bahan bakar fosil. Kenaikan harga minyak turut berpengaruh terhadap pergerakan harga batu bara.

TIM RISET CNBC  NUSANTARA

[Gambas:Video CNBC]
(twg/twg)